Usai Upacara Bendera, Tim Diskes Lantamal XII Bagikan Masker Kepada Prajurit dan PNS Lantamal XII

Pontianak-TNI AL, kabarsenayan.com. — Dalam rangka upaya melindungi diri dari kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Wilayah Kalbar, prajurit dan PNS Lantamal XII menerima masker KN95, usai mengikuti upacara bendera yang di pimpin Aslog Danlantamal XII Letkol Laut (T) Aswal Muhaimin, bertempat di Lapangan Apel Mako Lantamal XII. Jl. Wajok Hilir Km. 17 Mempawah Kalbar. Senin (29/07/24)

Kadiskes Lantamal XII Letkol Laut (K) Susilo Ahmad Widodo menuturkan bahwa pembagian masker ini merupakan langkah preventif dalam upaya pencegahan terjadinya gangguan kesehatan, salah satunya adalah Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) yang disebabkan dari asap akibat Karhutla dan selain itu masker ini dapat membentengi diri seseorang dari gangguan tersebut.

Selanjutnya, Kadiskes Lantamal XII berharap melalui pembagian masker ini dapat membantu prajurit dan PNS yang sedang beraktivitas di luar ruangan. Masker ini dapat menyaring partikel udara, juga efektif dalam menangkap droplet kecil yang dapat mengandung kuman atau virus.

Sedangkan ditempat yang terpisah Danlantamal XII Laksamana Pertama TNI Avianto Rooswirawan juga mengimbau, agar prajurit dan PNS Lantamal XII mengurangi aktivitas di luar rumah untuk hal-hal yang tidak penting dan selalu menggunakan masker pada saat beraktivitas di luar ruangan.

“Dan kami menghimbau kepada seluruh masyarakat juga, agar tidak melakukan pembukaan lahan dengan pola membakar atau pun melakukan pembakaran sampah, karena saat ini sedang memasuki musim kemarau. Mari kita bersama-sama, dalam hal ini Pemerintah, Dunia Usaha, dan Masyarakat untuk mencegah penyebaran dan perluasan Karhutla,” pungkasnya.

Adapun masker KN95 yang dibagikan tersebut, dibagikan 3 box per Satker, dimana 1 box berisi 30 pcs dan akan dibagikan kembali secara bertahap. (Dispen Lantamal XII).