IKBAL HI DJABID, S.E,M.M ADAKAN SOSIALISASI 4 PILAR DI PASAR MODERN MOROTAI

Morotai, kabarsenayan.com. — Anggota MPR RI dari Propinsi Maluku Utara, Ikbal Hi Djabid, S.E,M.M., melaksanakan salah satu tugas Anggota MPR RI, yaitu: kegiatan Sosialisasi 4 PILAR di Pasar Modern Morotai, Maluku Utara. Pelaksanaan kegiatan ini, bekerjasama dengan  Masyarakat. Tugas ini sangatlah penting dalam rangka internalisasi ideologi dan dasar negara Pancasila, memperkokoh NKRI dalam persatuan dan kesatuan bangsa dengan semangat Bhinneka Tunggal Ika.   Kegiatan ini diadakan pada tanggal 14 Juni 2024, dengan dihadiri 150 peserta.

Sosialisasi 4 PILAR MPR merupakan tugas yang diemban oleh setiap Anggota MPR RI, yang terdiri dari Anggota DPR RI dan Anggota DPD RI di daerah pemilihan masing-masing. Kegiatan ini bertujuan: Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika dan Ketetapan MPR; Membangun semangat nasionalisme dalam diri segenap generasi bangsa; Membangun dan membina persahabatan antar komponen bangsa yang dapat memperkokoh persatuan bangsa; Memahami pentingnya kebhinnekaan dalam program budaya dan hidup berbangsa di masyarakat; dan Menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya seluruh penyelenggara pemerintah dan masyarakat memahami serta menerapkan nilai- nilai luhur bangsa dalam kehidupan sehari-hari.

Pada kegiatan ini, Ikbal Hi Djabid, S.E,M.M., terlibat dialog dengan peserta, yaitu: Sarifa Syarief yang menanyakan: Mengapa Pancasila masuk dalam empat pilar kebangsaan? Bukannya selama ini Pancasila merupakan dasar negara, bukannya pilar negara?
Ikbal Hi Djabid memberika jawaban, bahwa  Empat pilar dapat diibaratkan sebagai rumah, maka Pancasila adalah pondasinya, tiangnya adalah UUD 1945, atapnya adalah NKRI, dan isinya adalah Bhinneka Tunggal Ika adalah satu kesatuan yang mengikat dan saling mendukung untuk membangun sebuah bangsa.
Penanya kedua adalah: . Asyan Manif: Bagaimana Pancasila dapat dikaitkan sebagai fondasi dari Empat Pilar kebangsaan? Hal ini dijawab:    :Pancasila sebagai fondasi artinya,   Pancasila adalah  dasar   yang   dibangun   paling awal   untuk   membangun   bagian  yang   lain.   semua   bagian   dari   rumah   itu tak akan bisa terbangun apabila tidak ada fondasi. Jadi Pancasila menjadi kekuatan   utama  dari   tegaknya   sebuah   bangunan.   semua   bagian   yang   ada harus   mengikat   diri   dari   Pancasila   dan   tidak   boleh   melepaskan   ikatan tersebut.
Sosialisasi diperlukan agar seluruh lapisan masyarakat saat ini mengetahui tentang peran dan fungsi Keberadaan lembaga Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia dalam Sosialisasi 4 Pilar kebangsaan sehingga dapat menjadi referensi bagi masyarakat serta menambah wawasan ke-Indonesia-an sebagai pedoman hidup berbangsa dan bernegara. Perlu adanya   sosialisasi   komperatif   dalam   setiap   waktu   agar   dapat   meningkatkan   pemahaman terhadap materi serta kandungan makna dalam Empat pilar Kebangsaan. Para masyarakat Desa Daeo dan Desa Darame berharap nilai dan makna Empat pilar kebangsaan  selalu  melekat dalam  diri  mereka,  yang nantinya  kami  semua mengharapkan kehidupan berbangsa dan bernegara lebih baik dari hari ini.