TINGKATKAN PROFESIONALISME DAN KEMAHIRAN, PRAJURIT SATLINLAMIL 2 LAKSANAKAN LATIHAN PEMANTAPAN KORPS PELAUT

Berita Kolinlamil TNI AL, kabarsenayan.com. — Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil 2) yang merupakan satuan pelaksana Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) melaksanakan latihan Operasi Matra Laut (LATOPSMATLA) dalam program Latihan Pemantapan Korps Pelaut program kerja dan anggaran Sops Satlinlamil 2 TW II Tahun 2024 pada hari Jum’at, (12/07). Pelaksanaan kegiatan ini di pimpin langsung oleh Dansatlinlamil 2 Kolonel Laut (P) Yulis Andreas Lorentius,M.Tr.Hanla.,M.M, sebagai Papelat dan Pjs.Pasops Mayor laut (P) Subektiansyah sebagai Palaklat. Kegiatan latihan dimulai dari tanggal 09 Juli s/d 12 Juli 2024, meliputi latihan teori dan praktek untuk memberi penyegaran tambahan tentang pengetahuan Korps Pelaut dalam penguasaan alat navigasi dan kebaharian bagi anggota staf dan unsur Satlinlamil 2 dalam mengemban tugas. Penyelenggaraan kegiatan latihan ini guna mendukung tugas pokok Satlinlamil 2 yang dilaksanakan di area gedung Laut Banda Mako Satlinlamil 2 yang diikuti sebanyak 100 orang prajurit dengan keterangan 90 orang pelaku latihan, 5 orang instruktur dan 5 orang tim pendukung yang telah ditunjuk.

Pelaksanaan latihan Pemantapan Korps Pelaut ini adalah salah satu kegiatan dalam usaha meningkatkan kemahiran dan profesionalisme anggota Staf dan unsur KRI dalam keterampilan Navigasi dan kebaharian dan merupakan salah satu kegiatan dalam usaha melatih serta meningkatkan semangat personel dan memantapkan kemampuan perorangan dan kemampuan tim yang harus dipertahankan juga ditingkatkan secara terus menerus dan berlanjut dengan semua sarana dan prasarana yang tersedia guna memperlancar tugas staf dan unsur-unsur Satlinlamil 2. Diharapkan pelaku latihan akan lebih memahami dan mampu melaksanakannya dengan benar sesuai prosedur, lebih serius, teliti namun tetap professional pada pelaksanaannya.

Komandan Satlinlamil 2 dalam menyampaikan sebelum melaksanakan sesuatu kegiatan jangan lupa untuk berdoa memohon keselamatan agar semua yang kita lakukan selalu mendapatkan berkah dan perlindungan dari Tuhan Yang Maha Esa, orang nomer satu di jajaran Satlinlamil Surabaya ini tetap menekankan laksanakan latihan dengan penuh semangat dan sungguh-sungguh ,tanamkan sifat ingin tahu dan bertanya untuk melengkapi kemampuan kalian pada saat menerima materi yang dijelaskan oleh Instruktur, tingkatkan profesionalisme Prajurit dalam melaksanakan latihan untuk menunjang pelaksanaan tugas.

Setelah melaksanakan Latihan Pemantapan Korps Pelaut ini Prajurit Satlinlamil 2 secara perorangan maupun tim diharapkan akan dapat memiliki kemampuan ilmu Navigasi dan kebaharian dengan mahir,cepat tepat benar dan bisa dipertanggung jawabkan karena akan menjadi bekal ilmu yang bermanfaat pada saat penugasan di pendirat maupun unsur KRI, materi yang disampaikan pada latihan Pemantapan Korps Pelaut meliputi pengenalan alat Navigasi dan kebaharian serta cara menggunakannya, mengenal, membaca dan menjangka peta laut track pelayaran, arti dari penggunaan tanda peluit dan tali temali serta melempar tali buangan dengan benar dan kewenangan TNI AL dalam penegakkan hukum di laut (rezim wilayah dalam hukum Laut) setelah latihan ini saya harapkan pelaku latihan memiliki ikatan jiwa korsa yang kuat dalam tercapainya pembinaan personel secara terus menerus untuk mewujudkan kesiapan prajurit dalam mendukung tugas sesuai fungsi aslinya. Tunjukkan semangat berlatih dengan serius” ujar Papelat dalam arahannya.

Lebih lanjut, Komandan Satlinlamil 2 mengajak seluruh prajurit untuk selalu meningkatkan semangat juang sehingga nantinya akan mendapatkan keberhasilan dengan bangga sebagai prajurit Satlinlamil 2, buktikan kemampuan kalian dengan terus berlatih dan berlatih, dinamika dalam penugasan harus memiliki warna yang akan membawa keberhasilan Satlinlamil 2 khususnya dan Kolinlamil pada umumnya. (Dispen Kolinlamil)

#tni_prima
#kasal
#tni_angkatan_laut
#jalesvevajayamahe
#indonesiannavy