TAHUN BARU HIJRIAH 1446 H/2024, MENJADI MOMEN INTROSPEKSI DAN MENINGKATKAN KUALITAS DIRI

Berita Kolinlamil TNI AL, kabarsenayan.com. — Tahun Baru Hijriah 1446 H/2024 M menandai masuknya pada bulan Muharram, bulan pertama dalam kalender Islam. Momen ini diperingati dengan kegiatan keagamaan dan refleksi spiritual oleh umat Islam. Berkenaan dengan hal tersebut, segenap prajurit dan PNS Kolinlamil mengikuti peringatan Tahun Baru Hijriah 1446 H/2024 M yang mengusung tema “Jadikan Semangat Muharram Sebagai Pendorong Perubahan Yang Lebih Baik Menuju Indonesia Emas 2045” digelar pada hari Jumat (12/7) bertempat di Gedung Laut Nusantara Mako Kolinlamil, Tanjung Priok Jakarta Utara. Tampak hadir dalam peringatan tersebut, Panglima Kolinlamil Laksda TNI Hudiarto Krisno Utomo, PSC(j) M.A., M.M.S., CHRMP beserta Ketua Gabungan Jalasenastri Kolinlamil Ny. Irna Krisno Utomo, dan diikuti Para Pejabat Utama dan Kasatker Kolinlamil, pengurus gabungan Jalasenastri Kolinlamil juga penceramah oleh Ustadz H. Muhammad Subki Al-Bughury, S.Sos, M.Ag. Acara peringatan diawali dengan penampilan Hadroh dari Ibu-Ibu Jalasenastri Komplek Jonggol dilanjutkan pembacaan ayat suci Al-Quran dan Sari Tilawah oleh Serda Nasrudin dan Serda Amara.

Panglima Kolinlamil dalam sambutannya mengatakan, “Tahun Baru Islam, 1 Muharram, merupakan momen yang sangat penting bagi kita umat Islam. Ini adalah waktu yang tepat untuk kita merenung dan introspeksi diri, mengevaluasi apa yang telah kita lakukan selama setahun terakhir, dan merencanakan langkah-langkah yang lebih baik untuk masa depan, serta mari kita maknai tahun baru ini dengan penuh optimisme dan semangat baru untuk berbuat lebih baik, dalam kehidupan sosial kemasyarakatan dan kedinasan.Tentunya, dengan selalu berpedoman pada moral, mental & karakter dan profesionalisme. Selain menjadi momen introspeksi diri, peringatan Tahun Baru Islam juga merupakan kesempatan emas untuk meningkatkan kualitas diri dan kemampuan intelektual kita. sebagai umat Islam, kita harus terus belajar dan memperbaiki diri agar dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi lingkungan sekitar. Selain itu, menjaga dan meningkatkan profesionalisme prajurit sangat penting, agar setiap tugas dapat dilaksanakan dengan baik dan penuh tanggung jawab, demi mendukung kesiapan operasional TNI dan TNI AL” ujar Panglima Kolinlamil dalam sambutannya.

Sementara itu, penceramah Ustadz H. Muhammad Subki Al-Bughury, S.Sos, M.Ag. mengatakan bahwa Tahun Baru Hijriah diperingati selain bertujuan untuk menyadarkan umat Islam, juga untuk mengevaluasi diri sampai dimana keta’atan kita kepada Allah Subhanahu Wata’ala dalam menjalankan perintahnya, seperti Sholat, Puasa dan melaksanakan ibadah Haji. Hijrah mengandung semangat persaudaraan, seperti yang di contohkan Rasulullah SAW saat beliau mempersaudarakan kaum Muhajirin dan kaum Anshar. Bahkan beliau telah membina hubungan baik dengan beberapa kelompok Yahudi yang hidup di Madinah dan sekitarnya pada waktu itu. Pengingat kembali pada peristiwa hijrah sehingga meningkatkan kepercayaan kaum muslim akan kebenaran ideologi dan aqidah yang dianut. Mengenalkan kepada generasi muda, Menegaskan kembali pentingnya menerapkan akhlak mulia dalam kehidupan yang bersumber dari Al-Quran. (Dispen Kolinlamil)

#tni_prima
#kasal
#tni_angkatan_laut
#jalesvevajayamahe
#indonesiannavy