Danlanal Bintan Kunjungi Pos Binpotmar Lobam

TNI AL, Bintan, kabarsenayan.com. — Posbinpotmar Lobam mendapat kunjungan Komandan Lanal Bintan Letkol Laut (P) Eko Agus Susanto, S.E., M.M., yang didampingi Pasintel Lanal Bintan Mayor Laut (P) Mugiyono. Kedatangan ke Posbinpotmar Lobam disambut langsung oleh Komandan Posbinpotmar Lobam dan personel Pos, Jum’at (17/05/2024).

Keberadaan Pos Binpotmar Lobam saat ini masih berada di Kawasan PT. Bintan Inti Industrial Estate (BIIE). Kawasan Industri Bintan merupakan perusahaan/kawasan yang mengembangkan, mengoperasikan dan memelihara Kawasan Industri Bintan yang mencakup 4.000 hektar pengembangan Industri Tepi Laut, 325 hektar diantaranya sudah beroperasi.

Beroperasi sebagai anak perusahaan Gallant Venture Ltd yang merupakan bagian dari Salim Group Indonesia, bersama dengan PT. Bintan Resort Cakrawala, PT. Batamindo Investment Cakrawala, dan lain-lain. Bintan Inti merupakan Kawasan Industri bersertifikat halal pertama di Kepulauan Riau dan Kawasan Industri Maritim pertama di Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, Danlanal Bintan menekankan kepada Pengawak Posbinpotmar Lobam agar tetap bisa menjaga perairan di kawasan tersebut, karena kawasan tersebut banyak perusahaan asing maupun lokal yang berinvestasi di daerah industri ini. Hal tersebut sejalan dengan perintah Presiden Jokowi memerintahkan TNI dan Polri untuk menjaga keberlangsungan hilirisasi dan industrialisasi sumber daya alam didalam negeri dari potensi gangguan, termasuk diantaranya ekspor ilegal atau penyelundupan.

Lebih lanjut, Danlanal Bintan berpesan agar Posbinpotmar atau Posal merupakan unsur pelaksana teknis yang bertugas mengumpulkan informasi data intelijen maritim dalam rangka mengemban fungsi intelijen maritim yang di wewenangkan kepada TNI AL. Untuk itu, tetap laksanakan tugas Posbinpotmar dengan sebaik-baiknya, jalin komunikasi dengan satuan samping lainnya dan tetap terus laksanakan pembinaan potensi maritim di kawasan tersebut dengan baik.

(Pen Lanal Bintan)